Apa Itu Tofu? Simak 5 Perbedaan antara Tofu dan Tahu

  • Senin, 04/07/2022 - 09:53 WIB
Hai, Sobat Souja! Sekilas tofu dan tahu tampak sama, apalagi kalau dicari arti dari tofu munculnya adalah tahu. Nah, lalu mengapa banyak orang sepertinya mengartikan tofu dan tahu sebagai dua benda yang berbeda? Karena ternyata tofu dan tahu bisa dibedakan, paling tidak di Indonesia. Ada banyak perbedaan antara tofu dan tahu, yuk simak satu per satu.

1. Tekstur
 
d 
Sumber: Maggi Indonesia 

Hal pertama yang membedakan antara tofu dan tahu adalah teksturnya. Tekstur tofu lebih lembut, mirip puding, halus di mulut serta lebih mudah hancur. Tofu juga sering disebut tahu sutra. Sedangkan tahu memiliki tekstur lebih kasar, padat, terkadang berongga dan juga lebih padat sehingga tidak mudah hancur.

2. Kandungan air

Kandungan air pada tofu cenderung lebih banyak daripada tahu. Kandungan air ini juga yang menjadikan tekstur tofu dan tahu berbeda. Kandungan air yang lebih banyak pada tofu membuatnya lebih lembut karena karena dibuat tanpa melewati proses pengepresan. Sedangkan tahu lebih sedikit air dan perlu melalui proses pengepresan sehingga butirannya terasa lebih padat dan kasar.

3. Proses Pembuatan

Sama-sama terbuat dari kedelai, tofu berasal dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi, sedangkan tahu merupakan hasil endapan biji kedelai yang mengalami pemadatan dengan alat pres kemudian mengalami koagulasi.

4. Cara memasak

Cara memasak antara tofu dan tahu juga membedakan kedua makanan tersebut. Tofu seringkali diolah menjadi isian sup, sapo tahu, atau dikukus kemudian disiram dengan saus dengan berbagai isian. Kalau pun tofu ingin digoreng, seringkali perlu dilapisi dengan tepung agar tidak mudah hancur dan bisa kering bagian luarnya. Sedangkan tahu dapat diolah atau dimasak dengan berbagai macam makanan, bisa digoreng, dikukus, direbus dan lain sebagainya.

5. Asal negara

Tofu berasal dari negara Jepang, sedangkan tahu berasal dari Tiongkok yang kemudian diadaptasi oleh orang Indonesia dari keturunan Tionghoa. Dilansir dari Merdeka,com, tahu berasal dari bahasa Hokkian, yaitu tauhu. Secara umum tahu ini memiliki tiga jenis yakni tahu putih, tahu kuning dan juga tahu Sumedang.

Jadi, tofu dan tahu itu berbeda ya Sobat Souja. Jangan sampai salah beli bahan masakan jika butuhnya tofu dan tahu.

Sumber: Fimela.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.