Tips Mengatur Gaji Bulanan Agar Bisa Menabung

  • Jumat, 01/07/2022 - 16:40 WIB

Hi Sobat Souja!

Pernah nggak sih kalian mengalami kesulitan mengatur uang, terutama buat Sobat Souja yang baru masuk ke dunia kerja?

Nah, kalian perlu mengetahui kondisi finansial pribadi dengan menentukan tujuan finansial, salah satunya dengan cara melakukan financial check-up. Mengetahui kondisi finansial dengan financial check-up itu hal yang penting, sehingga kita bisa lebih tepat dalam mengelola keuangan yang sesuai juga dengan tujuan finansial di awal tadi.

Nah, yuk kita cari tahu cara mengatur gaji bulanan kita!

 


 

1. Menyusun anggaran bulanan

Cara mengatur gaji bulanan yang bisa kalian lakukan adalah dengan membuat perencanaan dalam satu bulan. Setelah menerima pendapatan, segera membuat daftar pengeluaran dan alokasi keuangan.

Tiap bulannya, kalian bisa membagi gaji untuk memenuhi tiga kebutuhan, yaitu primer, sekunder, dan tersier. Primer adalah yang paling prioritas dan tersier adalah yang paling mungkin dikorbankan.

Tersier memang yang paling tidak penting, akan tetapi kalian tetap harus menyisihkan dana tiap bulan untuk memanjakan diri sesekali.

2. Membuat persentase pembagian gaji bulanan

Selain membuat anggaran bulanan, kalian juga perlu membuat persentase pembagian gaji dan tabungan. Sehingga berapapun gajinya, kalian tetap bisa menabung. Dalam poin sebelumnya, disebutkan ada tiga kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Ketiga kebutuhan ini dapat dibagi dengan metode budgeting 50/30/20.

Cara membagi gaji bulanan berdasarkan metode budgeting 50/30/20 adalah seperti ini: Habiskan 50 persen gaji kalian untuk memenuhi kebutuhan primer, 30 persen untuk sekunder dan tersier, sedangkan 20 persen sisanya untuk tabungan.

Setelah itu, berdisiplinlah mengikuti metode budgeting 50/30/20 tiap bulan. Sisihkan langsung seperlima gaji yang kalian dapat untuk ditabung. Keluarkan tabungan ini ketika keadaan darurat saja.

3. Mengontrol setiap pengeluaran

Cara mengatur gaji yang ketiga adalah dengan mengontrol setiap pengeluaran. Meskipun sudah membagi gaji bulanan dalam beberapa alokasi, tetapi tetap penting bagi kalian untuk mencatat setiap pengeluaran.

Hal ini bertujuan mengontrol dan mengevaluasi pengeluaran bulanan. Di akhir bulan nanti, kalian bisa melakukan evaluasi jenis pengeluaran apa saja yang tidak begitu penting. Sehingga di bulan selanjutnya kalian bisa menahan diri untuk melakukan pengeluaran sejenis.

4. Memiliki tujuan finansial di masa depan

Kebutuhan setiap orang pasti berbeda-beda, begitu pula harapan yang ingin diraihnya. Oleh karena itu, penting bagi kalian memiliki tujuan finansial baik jangka pendek dan jangka panjang. Cara mengatur gaji bulanan yang keempat adalah temukan tujuan finansial ini dan bertekadlah untuk mewujudkannya.

Tujuan finansial akan membuat kalian memiliki target. Saat memiliki tujuan finansial, kalian akan terdorong untuk mengatur keuangan sebijak mungkin. Lengah sedikit saja, tujuan finansial akan gagal diraih. Bagaimana cara menentukan tujuan finansial? Coba ingat apa saja yang ingin kalian lakukan 2 - 5 tahun ke depan, bayangkan apa saja yang ingin kalian miliki di masa tersebut. Setelah kalian menemukannya, bulatkan tekad untuk menabung guna membeli barang tersebut dari saat ini.

5. Mulai berinvestasi

Jika kalian telah memiliki tujuan finansial di masa depan, maka cara mengatur gaji bulanan selanjutnya yang bisa kami sarankan adalah berinvestasi. Pernah dengar istilah passive income? Passive income adalah pendapatan yang bisa kalian peroleh tanpa berusaha secara terus-menerus. Salah satu jenis passive income terbaik saat ini adalah investasi ke saham/reksadana.

Investasi saham/reksadana akan membantu kalian menahan diri agar tidak beli barang-barang baru. Sebagai gantinya, kalian dapat menggunakan gaji tersebut untuk membeli lot saham/surat berharga.

Seiring waktu, gaji yang kalian simpan di Bursa Efek akan berkembang jadi lebih besar, benar-benar bikin untung, kan? Tetapi ingat, sebelum berinvestasi, kalian harus mengenali profil risiko dan mengetahui produknya secara mendalam. Hal ini dapat dikonsultasikan dengan penasehat keuangan (financial advisor).

Sumber: Liputan6.com


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.