5 Tips Berkebun Menggunakan Pot, Tetap Subur dan Hemat Tempat Lho!

  • Senin, 03/10/2022 - 09:52 WIB
Hai, Sobat Souja! Berkebun sayur dan buah menggunakan pot menjadi solusi buat yang gak punya lahan luas. Jika kamu salah satu yang gak punya ruang halaman yang bisa ditanami, tentu bisa menggunakan pot. Alhasil, tanaman pun terkesan lebih simpel dan gak berantakan.

Walaupun banyak kepercayaan menanam di lahan secara langsung bisa lebih subur, tapi di pot pun juga bisa, kok. Tapi selalu perhatikan kebutuhan jenis tanaman yang kamu tanam, ya. Berikut 5 tips yang perlu kamu ketahui supaya tanaman di dalam pot bisa makin subur.

1. Gunakan media tanam campuran 

Hindari menggunakan hasil galian tanah dari halaman sepenuhnya untuk mengisi pot kosongmu. Sebab, terkadang ada beberapa jenis tanah yang memang gak cocok untuk bertanam.

Campurkan media tanam hasil galian dengan media tanam kantongan yang bisa dibeli di toko perlengkapan bertanam. Karena dalam media tanam tersebut sudah mengandung nutrisi dan punya tekstur yang tidak terlalu padat seperti tanah galian.

2. Jangan sampai terlambat menyiram tanaman dan sayur di pot 

Seperti yang kamu ketahui, saat kita menanam di pot maka akar punya keterbatasan dalam mencari sumber air. Oleh karena itu jangan sampai koleksi tanam potmu stres karena kebutuhan airnya gak terpenuhi.

Sebelum menyiram dengan rajin, analisa juga apakah kebutuhan tanaman atau sayuran di pot kamu. Jika daunnya mengerut maka kebutuhan air tidak tercukupi, dan ketika daunnya terkulai dipercaya karena stok air yang berlebihan.

3. Pastikan aliran lubang pot sudah baik 

Saat menanam di pot, hal pertama yang harus diperhatikan adalah lubang aliran di bawahnya. Sebab jika lubang terlalu minim, air akan menumpuk di bagian bawah pot.

Sesuaikan juga jumlah lubang pot dengan kebutuhan air tanaman. Jika tanaman gak terlalu suka media yang lembap, maka tambahlah lubang pot.

4. Tambahkan nutrisi tumbuhan 

Selain air dan cahaya, tumbuhan juga sangat butuh nutrisi. Berikan pupuk sekali dalam setiap bulannya supaya pertumbuhan tidak terhambat.

Pemberian nutrisi pun disesuaikan dengan kebutuhan tumbuhannya, ya. Kamu bisa pilih nutriai pertumbuhan daun ataupun buah.

5. Bersihkan rumput dari area pot 

Walaupun sudah dalam pot, tapi pertumbuhan rerumputan juga tidak bisa dihindari. Terkadang rumput tambah subur seiring bertambahnya nutrisi di pot.

Supaya nutrisi tidak berkurang, buanglah rerumputan dari area pot. Dengan begini pertumbuhan tanaman dan sayurmu gak akan terganggu.

Sangat mudah, kan? Kamu pun gak perlu banyak biaya untuk membuat kebun di pot-pot. Selamat mencoba!

Sumber: IDN Times

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.