Jangan Khawatir jika Lingkaran Pertemanan Kecil, Ini 5 Alasannya

  • Minggu, 25/09/2022 - 07:03 WIB
Hai, Sobat Souja! Punya sedikit teman di lingkungan sosial? Tak perlu khawatir, asalkan semuanya berkualitas dan bisa diajak berkembang bersama, itulah yang paling penting. Bagi kamu yang lingkaran pertemanannya kecil, simak beberapa alasan berikut ini, supaya kekhawatiran dan keminderan tak perlu dirasakan.

1. Hidup tetap berwarna, meski teman dekat hanya beberapa 

Memiliki banyak teman di mana-mana memang mengasyikkan, bisa diajak bermain ramai-ramai dengan serunya dan berkegiatan bersama lainnya. Namun, sayangnya fakta yang terjadi tak selalu seindah bayanganmu.

Sebab, ketika memiliki lingkaran pertemanan besar tapi di dalamnya kurang sehat, justru hidupmu malah menjadi hampa. Teman memang banyak, tapi tetap saja hatimu merasa sepi, karena terdapat bagian lingkungan sosial yang tak sehat.

Itulah sebabnya, jika sekarang lingkaran pertemananmu kecil, tak usah berkecil hati yang penting suasananya sehat. Sehingga, warna indah tetap menghiasi hari-harimu dan kebahagiaan tetap terisi di dalam diri.

2. Sedikit tapi semuanya saling menghargai 

Memiliki banyak teman, apalagi dengan berbagai latar belakang memang menyenangkan. Satu sisi kamu bisa belajar banyak hal dari mereka dan saling bertukar pikiran, ilmu dan pengalaman baru pun kian bertambah.

Namun, jika lingkungan pertemanan luas tapi di dalamnya tak bisa saling menghargai, itu tidaklah enak sama sekali. Bersosialisasi tak nyaman, berbicara juga selalu diliputi kekhawatiran jika ada pihak yang tersinggung, bahkan bertemu pun seperti berat untuk melangkah.

Maka, untukmu yang saat ini hanya dekat dengan beberapa teman saja, tetaplah tenang dan syukuri, asalkan satu sama lain bisa saling memahami dan menghargai, sehingga kedamaian di hati akan selalu mengiringi.

3. Yang terpenting hubungan kedekatannya bisa dalam 

Tak perlu minder jika temanmu hanya beberapa saja, sebab kedalaman hubungan kedekatanlah yang sebenarnya penting untuk diprioritaskan. Bukan berarti menganjurkanmu tak berkenalan dengan banyak orang baru. Namun, dalam menjalin kedekatan utamakan yang bisa bermakna untuk ke depan.

Semakin dewasa seseorang, memang wajar jika teman-temannya mulai menghilang satu per satu. Hal tersebut dikarenakan dirinya mulai memilih dan memilah siapa saja orang-orang yang bisa dijaga hubungannya untuk jangka panjang.

4. Pentingkan perkembangan diri 

Jumlah teman yang tak banyak, bukan berarti tak bisa membuatmu berkembang. Lingkaran pertemanan yang kecil juga mampu mendorongmu terus mengembangkan diri, jika di dalamnya kompak untuk meraih keberhasilan di masa depan.

Saling mengerti visi dan misi masing-masing, serta mendukung satu sama lain untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Sekalipun berbeda, bukanlah masalah besar, asalkan setiap individunya punya tujuan sukses bersama dengan memaksimalkan kemampuan yang ada. Inilah yang akan membuat kalian bisa maju menggapai cita-cita impian.

5. Tidak membuang waktu produktif secara percuma 

Alasan berikutnya, mengapa lingkaran pertemanan yang kecil itu tidak masalah, karena waktu produktif lebih utama. Apabila banyak teman tapi malah membuatmu membuang waktu secara percuma, itu justru merugikan diri sendiri.

Maka, jangan bersedih jika teman-temanmu sedikit, asalkan waktu produktif yang kamu miliki bisa digunakan untuk memaksimalkan upayamu menggapai karier dan kehidupan yang cemerlang. Banyak teman tapi hanya membuang waktu tanpa ada hasil yang bermutu, apakah kamu mau?

Mau besar atau kecil lingkaran pertemananmu, asalkan berkualitas itulah yang terpenting. Soal jumlahnya bukanlah hal yang perlu kamu pikirkan. Sekarang hilangkan kesedihan, keminderan dan kekhawatiran terkait kuantitasnya, karena kamu sudah tahu beberapa alasannya.

Punya banyak teman belum tentu menghasilkan masa depan cemerlang dan kebahagiaan. Memang ada beberapa orang yang semakin berkembang saat memiliki banyak teman, tapi ada juga yang sebaliknya.

Silakan sesuaikan dengan kondisimu, tak perlu memaksakan diri harus punya lingkaran besar dalam pertemanan. Kecil pun tak masalah, yang penting kedekatannya erat dan saling menerima secara tulus apa adanya.

Sumber: IDN Times

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.