Ternyata E-Book Dapat Meningkatkan Keterampilan Baca Anak Laki-Laki

  • Selasa, 15/12/2015 - 09:56 WIB
 

Perkembangan teknologi yang semakin maju telah membuat banyak orang beralih dari membaca buku jadi membaca ebook. Walaupun dianggap membaca buku dalam bentuk fisik lebih baik dibanding dalam bentuk elektronik, tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa buku elektronik memiliki manfaat yang sangat besar terutama pada anak laki-laki. Dilansir dari The Telegraph, sebuah penelitian baru yang dilakukan oleh National Literacy Trust menemukan bahwa kini lebih banyak siswa terutama dengan jenis kelamin laki-laki yang menikmati manfaat dari membaca buku dalam bentuk elektronik.

 

Penelitian tersebut dilakukan melalui sebuah survei terhadap 468 siswa dari 40 sekolah di Inggris. Dari survei tersebut diketahui bahwa tingkat keterampilan membaca anak laki-laki meningkat lebih pesat dibanding anak perempuan ketika menggunakan buku elektronik.

 

Alasan mengapa pada siswa laki-laki angka ini lebih tinggi adalah karena pandangan mereka yang menganggap bahwa membaca e-book lebih keren dibanding buku biasa. Selain itu cara ini juga mampu membuat siswa yang memiliki kesulitan dalam membaca untuk menyesuaikan ukuran bacaan dalam bentuk yang paling nyaman bagi mereka.

 

Sebelum penelitian ini diketahui bahwa sebagian besar anak laki-laki cenderung tidak menyukai membaca, namun ketika telah dikenalkan dan dibiasakan untuk membaca dalam bentuk elektronik , jumlah anak yang menyukai membaca jadi meningkat pesat hampir dua kali lipat.

 

Juru bicara dari National Literacy Trus mengatakan bahwa anak laki-laki lebih suka dan nyaman dengan hal-hal berbau teknologi , sehingga karena itu lah mereka kini jadi lebih suka membaca.

 

 


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.