Alasan Sobat Wajib Mencuci Muka Sebelum Tidur

  • Selasa, 26/01/2021 - 09:31 WIB
Sobat Souja, aktivitas seharian pastilah membuat tubuh lelah. Sesudah itu yang ada hanyalah hasrat merebahkan badan ke kasur sesampainya di rumah. Sebagian orang mungkin sudah terlalu lelah untuk mengurus perawatan kulit atau skincare rutin yang ideal. Bahkan untuk sekadar cuci muka.

Kadang kalau terlampau kelelahan, aktivitas membersihkan wajah pun dilewati begitu saja. Tetapi, pemakluman ini akan jadi sangat menyakitkan untuk kulit wajahmu. Peringatan untuk mencuci muka sebelum tidur bukan tanpa alasan. Ini adalah bagian penting dari rentetan kesehatan dan 'rezim' skincare. Sebab sepanjang hari, kulit telah melalui banyak hal. Dan pada ujung hari, sobat berkewajiban untuk membikin kulit relaks. Caramu merawat ini turut menentukan kecepatan perubahan kulit kelak.


Maka, mulailah memprioritaskan kesehatan kulit dibanding hal lainnya. Berikut sejumlah alasan mengapa sobat harus mencuci wajah malam hari sebelum tidur dikutip dari Bold Sky.

1. Membersihkan pori-pori kulit
pesels
source: pexels
 
Kulit Anda menumpukkan sel-sel kulit mati yang akan membuat wajah terlihat kusam, kering dan kasar. Mencuci muka dapat mencegah sel kulit mati menumpuk di wajah. Karena sel mati yang dibiarkan menumpuk bakal menyumbat pori-pori kulit. Selain itu, make up yang digunakan pun meresap pada pori-pori kulit. Membersihkan wajah pada malam hari akan menghilangkah kotoran dan membuka pori-pori kulit.

2. Memperlancar proses peremajaan Kulit
pexels
source: pexels
 
Tidur cantik atau beauty sleep bukan sebuah lelucon. Sebab tidur yang nyenyak dan berkualitas memberi manfaat besar bagi kulit. Kulit mengalami peremajaan pada malam hari. Saat itu kulit akan melepaskan sel-sel kulit mati dan memperbaiki diri. Itu sebab, sobat akan merasakan kulit lebih segar setelah 6 hingga 8 jam tidur. Tetapi ketika sobat tak mengawali istirahat malam dengan mencuci muka, maka proses peremajaan kulit ini akan terhambat.

3. Mencegah jerawat
pexels
source: pexels
 
Pori-pori tersumbat dan serangan bakteri adalah dua alasan utama munculnya jerawat. Membersihkan kulit pada malam hari akan membuka pori-pori yang tersumbat. Selain itu juga menghilangkan seluruh kotoran atau bakteri yang mengendap. Membiarkan make up menempel di wajah sepanjang malam bakal mengakibatkan masalah kulit seperti noda atau komedo.

4. Melawan kulit kusam
pexels
source: pexels
 
Kulit kerap bersentuhan dengan banyak hal sejak pagi, siang hingga malam. Mulai dari kotoran, debu, polusi, asap hingga pelbagai partikel lain yang membahayakan kulit. Make up yang Anda gunakan pun rentan menyebabkan kerusakan pada kulit. Seiring waktu, mau tak mau, hal-hal tersebut bakal membikin kulit sobat tampak kusam dan lelah. Itu sebab, membersihkan wajah pada malam hari jadi hal penting untuk melunturkan dan mengusir itu.

5. Mencegah infeksi mata
face
source: pexels
Abai membersihkan muka pada malam hari rupanya bakal berdampak ke kesehatan mata. Pernahkah sobat memperhatikan bahwa ketika melepaskan maskara pada pagi harinya, bulu mata tampak lebih longgar? Ini karena lapisan maskara yang digunakan mengandung bahan kimia, selain itu semakin lama menempel akan menjadikan proses pelepasan jadi kian sulit. Ditambah lagi, efek mata yang akan semakin kaku.

Eyeliner pun demikian. Pelbagai bahan kimia yang terkandung ini berada sangat dekat dengan mata. Dan jika dalam waktu yang lama, bukan tak mungkin akan mengakibatkan iritasi bahkan infeksi pada mata. Belum lagi, riasan tersebut berisiko masuk ke mata ketika tangan Anda tanpa sengaja mengusapnya di tengah terlelap.

Jika sudah memahami pelbagai khasiat membersihkan muka sebelum tidur, mulai sekarang halau rasa malas dan bersegeralah mencuci wajah. Sebab boleh jadi, kebiasaan sederhana ini bakal jadi investasi panjang untuk kesehatan kulitmu.

Yuk, perhatikan kesehatan kulit tubuh dan wajahmu, ya, sobat!

Source: cnnindonesia.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.