Tips Jitu Agar Kerja Bebas Lembur

  • Rabu, 18/11/2015 - 13:58 WIB
 
Secara umum, jam kerja di sebuah perusahaan adalah 8 jam perhari. Akan tetapi, durasi ini bisa saja molor akibat dari beban pekerjaan yang menumpuk dan penggunaan jam kerja yang kurang optimal sehingga ada tugas yang tidak selesai tepat pada waktunya. Ketidakoptimalan tersebut bisa disebabkan oleh gangguan dari rekan kerja untuk mengobrol ataupun penggunaan media sosial yang kurang bijak pada jam kerja. 


Konsekuensinya, kamu harus lembur atau menghabiskan waktu lebih banyak di kantor. Nah, agar waktu kerja lebih efisien berikut ini empat strategi yang bisa kamu terapkan agar bebas dari lembur, seperti yang dilansir melalui laman Cheat and Sheet. 


Skala priorotas
Awali dengan membuat pemetaan pada pekerjaanmu. Maksudnya adalah memulai dengan pekerjaan paling penting, deadline segera berakhir atau yang paling sulit dikerjakan. Memiliki strategi mengatur pekerjaan penting untuk menjaga produktivitas . Ketika satu pekerjaan selesai, kamu sudah tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya.


Menunda? No Way!
Saat kepala divisi atau manager tengah melakukan kunjungan kerja adalah saat yang paling menggoda para karyawan untuk berleha-leha karena merasa tidak diawasi. Eits! Hati-hati pekerjaanmu tertunda, lho! Kamu bisa membiasakan diri dengan mengoleksi kalimat motivasi dan memikirkan konsekuensi saat menunda pekerjaan. 


Beri hak pada tubuhmu secara proporsional
Rehat merupakan bagian penting dari bekerja. Bukan karena malas, tetapi pikiran kamu memang membutuhkannya agar dapat terus bekerja dengan baik. Perusahaan besar seperti Google dan Huffington Post memiliki ruang istirahat tersendiri untuk karyawannya. Hal ini terkait dengan fakta bahwa 15-20 menit tidur siang dapat mengembalikan fokus dan meningkatkan kinerja .


Matikan koneksi internet ponselmu saat jam kantor
Ponsel terkadang dapat menjadi sumber distraksi saat bekerja. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa menggunakan kompeter kantor untuk percakapan dengan teman di saat jam kerja. Alih-alih menghubungi via whatsapp, buat mereka hanya melakukan panggilan telepon di kala mendesak atau mengirim pesan singkat. 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.