Pekerja Freelance Lebih Senang Ketika Waktu Kerjanya Lebih Lama

  • Selasa, 15/12/2015 - 09:52 WIB
 

Beban dan jam kerja yang banyak sering kali jadi sumber ketidakbahagiaan bagi seseorang. Tetapi ternyata hal yang berbeda terjadi pada pekerja freelance . Mereka ternyata mendapat kebahagiaan yang lebih banyak ketika memiliki beban kerja yang lebih banyak.

 

Dilansir dari EurekAlert, sebuah penelitian terbaru dari University of Leicester dan University of London menyebutkan bahwa bertambahnya beban dan jam kerja ternyata dapat meningkatkan kegembiraan seorang pekerja freelance. Penelitian tersebut dilakukan dengan menggunakan hasil survei dari 45 pekerja freelance dalam jangka waktu enam bulan.

 

Dari jangka waktu enam bulan tersebut diketahui bahwa pekerja freelance ternyata lebih tenang dan antusias ketika mereka memiliki jam kerja yang lebih banyak dibanding pekerja reguler. Tetapi ketika pekerjaan mereka lebih sulit maka kecemasan semakin bertambah dan mereka menjadi depresi.

 

Peneliti mengatakan bahwa situasi pada pekerja freelance ini dipicu karena adanya kepastian ketika mereka memiliki pekerjaan. Semakin lama jam yang mereka miliki untuk bekerja maka semakin besar kebahagiaan karena situasi yang pasti mengenai masa depan dan pekerjaan mereka. Jam kerja yang lebih panjang tersebut juga dipandang hanyalah sebuah tantangan dan bukan pemicu stres.

 

Walaupun jam kerja yang panjang dapat membuat pekerja freelance lebih senang, tetapi mereka juga tetap memiliki masalah yang dapat timbul di tempat kerja mereka. Seiring perubahan status, jam kerja ini pun juga dapat menjadi masalah bagi orang tersebut.

 

Jadi, mending pekerja fulltimer atau freelance nih, sobat Souja? Tentukan pilihanmu. 


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.