Yuk, Hindari Kebiasaan Ngaret dengan Cara ini!

  • Jumat, 22/01/2016 - 17:33 WIB
 
Istilah jam karet dan nelat seakan membudaya di Indonesia tercinta ini. Yap, saat tidak tepat waktu merupakan sebuah kebiasaan yang memprihatinkan dan dianggap sebagai sesuatu yang lumrah, sehingga orang tidak lagi malu untuk ngaret dan membiarkan sebuah kegiatan tidak dimulai pada waktu yang seharusnya. Padahal, terlambat telah menunjukkan jiwa yang tidak profesional. So, bagaimana caranya memutus mata rantai kebiasaan buruk ini? Jawabannya adalah dimulai dari diri sendiri. Yuk, simak beberapa tips untuk mengurangi kebiasaan terlambat berikut ini:


Membuat jadwal dan komitmen terhadap jadwal
Yap, Sobat Souja harus pandai memanajemen waktu. Salah satu caranya dengan membuat jadwal kegiatan harian. Mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi di malam hari. Jadwal ini bisa mengantisipasi keterlambatan, lho. Misalnya sesampainya di kantor atau di kampus, apa yang kamu lakukan, apakah bercengkrama dengan teman ataukah membicarakan mengenai tugas kelompok, semua harus dicatat dengan rapi. Tapi ingat, kamu harus komitmen dengan jadwal yang telah dibuat ya!


Well prepared
Jangan biarkan alasan seperti lupa menaruh kunci sepeda motor, terjebak macet di busway, kena tilang hingga motor mogok menjadi alasanmu untuk telat. So, ada baiknya persiapkan diri dengan matang. Mandi di pagi hari 2 jam sebelum berangkat, lalu sarapan dan mengecek keadaan sepeda motormu bisa mengurangi resiko-resiko di atas, lho! Pun demikian, saat kamu sudah janji bertemu dengan dosen untuk bimbingan skripsi misalnya, kamu harus persiapakan diri dan referensi materi sejak malam hari. 


Gunakan reminder di Smartphone-mu!
Zaman semakin canggih. Rasanya sebagian besar anak muda pasti punya minimal satu buah smartphone di genggaman. So, gunakan kecanggihan teknologi untuk membuat segala sesuatunya menjadi profesional, termasuk untuk urusan waktu! Kamu bisa gunakan fitur reminder atau supernote untuk mengingatkanmu tentang kegiatan sehari-hari, serta jadikan smartphone kamu sebagai time keeper. 


Belajar menghargai orang lain
Dilansir melalui Qerja.com, cara lainnya menghindari terlambat adalah dengan menumbuhkan sifat menghargai orang lain. Yup, dengan menghargai orang lain Sobat Souja akan berusaha untuk tidak terlambat dan selalu datang tepat waktu. Tempatkan dirimu apabila berada di posisi harus menunggu, pasti menyebalkan sekali bukan?


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.