Planet Nine Pengganti Planet Pluto

  • Minggu, 24/01/2016 - 07:56 WIB
 

Setelah Pluto tak lagi menjadi planet kesembilan dalam tata surya, sejauh itu belum diketahui apa pengganti planet yang masuk dalam kategori planet kerdil itu. Namun, penelitian terbaru bisa membangkitkan kembali planet kesembilan dalam tata surya.

 

Planet Pluto yang sebelumnya merupakan planet kesembilan dalam tata surya, sekarang telah digantikan posisinya dengan planet baru.

 

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Mike Brown dan Konstantin Batygin, planet misterus yang akan menggantikan planet pluto ini pergerakannya masih belum menentu di luar sistem Kuiper Belt.


Planet Nine, yang merupakan julukan sementara astronom untuk objek baru yang ditemukan itu atau disebut Planet X oleh yang lainnya, bisa memiliki lima hingga 20 kali lebih besar dibanding Bumi dengan periode orbit yang memakan waktu 10.000 hingga 20.000 tahun untuk menyelesaikan satu perjalanan sekitar Matahari.

 

Brown sebelumnya menemukan obyek belakangan disebut Eris yang memicu revisi dalam bagaimana planet diklasifikasikan oleh International Astronomical Union (IAU) pada 2006. Planet Nine tidak memiliki kekhawatiran tentang klasifikasi karena memiliki 5.000 kali massa Pluto.

 

Alasan utama mengapa Pluto diturunkan menjadi Planet Kerdil karena kekurangan massa yang cukup untuk membersihkan kawasan obyek terkecil, tetapi Planet Nine memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh IAU. Demikian sebagaimana dilansir Okezone, Minggu (24/1/2016).


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.